Breaking News
Loading...
Rabu, 22 Mei 2013

Jip Patriot SUV - Ironis, Hanya 2 dari 13 SUV Lulus Tes Tabrak!

Ironis, Hanya 2 dari 13 SUV Lulus Tes Tabrak!
Jeep Patriot yang mewah tak mampu lulus uji tabrak IIHS.

Jip Patriot SUV - Ironis, Hanya 2 dari 13 SUV Lulus Tes Tabrak! - Hanya dua dari 13 SUV kompak dan medium memeroleh nilai bagus dalam tes tabrak Insurance Institure for Highway Safety (IIHS), minggu lalu. Subaru Forester 2014 mendapat predikat ”bagus”, sementara Mitsubishi Outlander Sport 2013 berpredikat ”diterima”. Ironisnya, beberapa merek laris seperti Ford Escape, Honda CR-V, dan Jeep Wrangler dinilai ”buruk”.

Di berbagai belahan dunia, terutama AS, SUV kompak dan medium tumbuh pesat. Penjualan naik hingga 50 persen terhitung sejak 2005 hingga tahun lalu di Negeri Paman Sam dengan konsumen lebih dari 2,5 juta unit, data dari Ward's AutoInfoBank.
Ironis, Hanya 2 dari 13 SUV Lulus Tes Tabrak!
Subaru Forester dinobatkan sebagai SUV paling aman dalam tes tabrak IIHS.

”Forester dengan struktur baru yang direkayasa para insinyur Subaru sangat bagus dalam tes kami, dan mereka sukses. Hasil ini persis seperti apa yang kami harapkan kepada produsen mobil untuk memberikan respons dan memperbaiki tingkat perlindungan,” urai Joe Nolan, Vice President IIHS.

Tes tabrak dilakukan lebih detail, fokus pada seperempat bagian depan mobil yang sejajar dengan pengemudi. Menurut IIHS, kecelakaan yang menghantam bagian itu lebih banyak mencederai penumpang. Jadi, meski nilai bagus pada tumbukan penuh dari depan, belum tentu bagus ketika hantaman datang ke seperempat bodi depan.

Mobil dibenturkan ke tembok setinggi 1,5 meter dengan kecepatan 60 kpj. Efeknya akan tampak pada dummy, apakah penumpang cedera di bagian kepala, leher, dagu, atau bagian tubuh lain. Fungsi sabuk pengaman dan kantung udara juga dilihat.

Seharusnya, tes tabrak melibatkan 14 SUV, tapi Toyota meminta waktu untuk melakukan perbaikan struktur pada Toyota RAV-4. Berikut hasil tes tabrak SUV yang dirilis IIHS:
Mobil
Hasil Tes
Subaru Forester
Bagus
Mitsubishi OutlanderSport
Diterima
Honda CR-V
Rata-Rata
BMW X1
Rata-Rata
Nissan Rogue
Rata-Rata
Mazda CX-5
Rata-Rata
Volkswagen Tiguan
Rata-Rata
Jeep Wrangler
Rata-Rata
Ford Escape
Buruk
Jeep Patriot
Buruk
Buick Encore
Buruk
KIA Sportage
Buruk
Hyundai Tucson
Buruk
Toyota RAV-4
-
*Toyota RAV-4 ditunda, karena Toyota meminta waktu untuk memperbaiki struktur
Semua SUV yang dites model 2012 dan 2013, kecuali Forester model 2014. IIHS menyatakan valid, karena tidak ada perubahan berarti pada model 2012 dan 2013.




Sumber: Foxnews, IIHS

0 komentar:

Posting Komentar

Quick Message
Press Esc to close
Copyright © 2013 Info Otomotif All Right Reserved